/KAMMI LEADERSHIP TRAINING DAUROH MARHALAH I - KAMMI'ERS TELKOM / KAMMI LEADERSHIP TRAINING DAUROH MARHALAH I

hasan al-bana

Sesungguhnya, sebuah pemikiran itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepadanya, ikhlas dalam berjuang di jalannya, semakin bersemangat dalam merealisasikannya, dan kesiapan untuk beramal dan berkorban dalam mewujudkannya. Sepertinya keempat rukun ini, yakni iman, ikhlas, semangat dan amal merupakan karakter yang melekat pada diri pemuda, karena sesungguhnya dasar keimanan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertaqwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora, dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Itu semua tidak terdapat kecuali pada diri para pemuda. Oleh karena itu, sejak dulu hingga sekarang pemuda merupakan pilar kebangkitan. Dalam setiap kebangkitan, pemuda merupakan rahasia kekuatannya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya. ( Hasan Al-Banna )

Jadwal Shalat Wilayah Bandung

My Shoutbox


ShoutMix chat widget

buletin kammi edsisi ke 2

buletin kammi edsisi ke 2
aktivis vs akademisi

buletin kammi edisi ke 3

buletin kammi edisi ke 3
“Tahun Baru Hijriah Sebagai Momentum Perubahan”

page rank

dm1

dm1

Mediaindonesia.com

Kamis, 19 November 2009

KAMMI LEADERSHIP TRAINING DAUROH MARHALAH I


Sebagai salah satu agenda dari kaderisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), KAMMI Leadership Training atau lebih dikenal dengan nama DM I (Dauroh Marhalah I) adalah sebuah kegiatan yang ditujukan sebagai sarana pengkaderan calon kader KAMMI yang nantinya setelah lulus DM I akan menjadi seorang AB I (Anggota Biasa I). DM I adalah tempat bagi calon-calon kader KAMMI untuk mengenal seperti apa KAMMI itu, dan apa agenda-agenda yang ada di KAMMI, serta tujuan dari KAMMI sendiri. Sehingga ketika nantinya para calon kader KAMMI menjadikan KAMMI sebagai sarananya dalam beraktifitas dakwah, tidak akan timbul benturan-benturan karena perbedaan prinsip dasar antara calon kader KAMMI dengan KAMMI itu sendiri.

Sebagai salah satu bagian dari KAMMI, KAMMI Komisariat IT Telkom pun menjadikan DM I sebagai sarana pengkaderan calon kader KAMMI. Hal ini, diwujudkan dengan diadakannya DM I pertama pada kepengurusan yang baru tahun 2009/2010 pada tanggal 13-15 November 2009 di daerah Banjaran, Kab Bandung. DM I pertama ini, dikuti oleh 21 ikhwan dengan komposisi 17 orang dari IT Telkom & Politel, 1 orang dari UNJANI, 2 orang dari UIN SGD, 1 orang STAI PERSIS serta 21 akhwat dengan komposisi 19 IT Telkom & Politel dan 2 orang UNJANI.
DM I diselenggarakan selama tiga hari dua malam, dimulai pada hari jum’at, 13 November 2009 ba’da maghrib dan berakhir pada hari ahad, 15 November 2009 ba’da zhuhur. Pembukaan acara dimulai ba’da maghrib dan dilanjutkan penyampaian materi dua kali dengan materi “Syahadatain Sebagai Titik Tolak Perubahan” dengan pemateri Ustadz Tedi dan “Syummuliyatul islam” dengan pemateri akh Fajar. Hari selanjutnya terdapat 4 kali penyampaian materi dengan materi “Problematika Umat Islam Kontemporer” dengan pemateri akh Kadir, “Islam, Pemuda, dan Perubahan Sosial” dengan pemateri akh Syamsul, “Ke-KAMMI-an” dengan pemateri akh Hilal, serta “Urgensi Kaderisasi” dengan pemateri akh Acep. Pada hari terakhir, acara diselenggarakan di outdoor, yang didalamnya terdapat muhasabah, games per pos serta internalisasi.
Puji syukur bagi Allah, rangkaian acara DM I dapat terlaksanakan dengan baik sesuai dengan konsep acara yang dibuat, walaupun ada beberapa masalah yang terjadi. Kurangnya antusiasme dari para peserta juga menjadi salah satu masalah yang terjadi pada DM I kali ini. Sehingga, penyampaian materi terkesan menjadi tidak efektif dan ketika dievaluasi banyak peserta yang tidak paham dengan isi materinya bahkan ada yang tidak tau apa saja materi-materi yang telah disampaikan.
Acara berakhir ketika dibacakan pengumuman peserta yang lulus, serta yang lulus bersyarat, dengan komposisi peserta dari ikhwan 10 orang lulus (IT Telkom & Politel), lulus bersyarat 11 orang (7 orang IT Telkom & Politel, 1 orang UNJANI, 2 orang UIN SGD, dan 1 orang STAI PERSIS) serta dari akhwat dengan komposisi yang lulus 15 orang (13 IT Telkom & Politel dan 2 orang UNJANI) dan lulus bersyarat 6 orang dari IT Telkom & Politel.
Semoga kekurangan-kekurangan yang terjadi pada acara ini dapat menjadi bahan evaluasi yang nantinya akan menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga untuk mengadakan kegiatan yang sama di waktu–waktu berikutnya. Dan bagi kader KAMMI khususnya para peserta DM I Banjaran ini, lebih meningkat lagi pengetahuan tentang Islam terutama tentang dakwah KAMMI, serta timbul ghirah-ghirah dan iltizam yang tinggi untuk terjun di dalam dunia dakwah, dan nantinya menjadi kader-kader harapan baru, yang tidak hanya terbatas pada KAMMI tetapi menjadi “Generasi Arsitek Peradaban Islam” sesuai dengan tema besar DM I kali ini. Wallahu’alam.
KAMMI-ers IT TELKOM “Terus Bergerak, Tuntaskan Perubahan..Allah Akbar…”

Created By:
Dhoni Ardianto
Ketua Panitia DM I Banjaran

Komentar :

ada 0 comments ke “KAMMI LEADERSHIP TRAINING DAUROH MARHALAH I”

Posting Komentar

Si Ikhwan

Selamat Tahun Baru Islam 1431 H

Selamat Tahun Baru Islam 1431 H

My Rate

Inilah KAMMI

Pengikut

detikBandung - detikBandung

milis kammi pusat

Khazanah

 

Eramuslim: Info Umat

Eramuslim: Berita Palestina

Eramuslim: Pemuda & Mahasiswa

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by kammitelkom